header-photo

Kebun Raya Bogor - Wisata Lokal Kita Berkelas Dunia


Bogor Botanical Garden .Well ,yeah .that's one of our precious site we have in Bogor . Cocok buat kita yang mau sekedar ngadem ,olahraga ,wisata bareng temen atau keluarga, atau bahkan bisa juga buat penelitian ilmiah. View di sana yang wah-wah ,bikin kebun raya Bogor ini nggak jarang dikunjungi wisatawan buat diambil setting tempatnya, baik untuk fotografi, sinematografi, dan lain sebagainya .Koleksi tanamannya pun mencapai 15.000 jenis ,belum lagi beragam fauna yang ada di dalamnya ,membuat kebun raya ini eksis menjadi objek penelitian.

Dengan kocek sebesar Rp9.500 per orang ,kita bisa menikmati keindahan kebun raya rintisan Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles ini setiap hari .Dan buat kalian yang mau pake kendaraan pribadi juga bisa kok ,Rp15.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor .Tapi kendaraan pribadi ini hanya diperbolehkan masuk selain hari Minggu .

Jangan bayangkan di dalam kebun raya ini pemandangannya melulu cuma tanaman dan pohon-pohon besar ,karena aslinya nggak begitu .Kebun raya Bogor punya koleksi bermacam-macam tanaman anggrek yang dirumahkan (hanya perlu tambahan Rp1000 kalau mau masuk ke rumah ini), ada juga museum zoologi ,istana Bogor ,makam-makam Belanda ,perpustakaan, pemandangan danau yang nggak kalah aboy dengan teratai-teratai cantik yang jadi garnish-nya, sampai ada resto dedaunan yang juga nggak kalah pamornya. Ini beberapa sample gambarnya

Kebun raya yang juga pernah punya sebutan Syokubutzuer (zaman Pendudukan Jepang) , Botanical Garden of Buitenzorg , Botanical Garden of Indonesia dan Kebun Gede ini juga punya mitos lho .. konon katanya ,bagi sejoli insan manusia yang lagi dalam masa pedekate dan pergi ke kebun raya ini ,mereka bakal jadian nggak lama setelah kunjungan ini ,sedangkan buat pasangan yang udah jadian dan pergi ke kebun raya ini ,mitosnya nggak lama setelah kunjungan ini ,mereka bakal putus .Tapi ini hanya mitos belaka yang belakangan beredar aja kok ,kebenarannya sendiri masih belom bisa dibuktiin .













Balik lagi soal site ,Kebun Raya Bogor ini punya daya tarik utama ,yaitu bunga bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.





Buat kalian yang belum berkunjung ke kebun raya ini ,jangan ragu deh ya buat datang ,karena tempatnya yang memang di-design sangat asri ,adem ,pokoknya nature banget ini memang berkelas internasional ,dan sangat cocok buat merefresh badan kita dari kepenatan rutinitas sehari-hari ,apalagi pemandangan hijau kaya di kebun raya ini kan memang terbukti bisa nurunin minus mata kita lho ..

4 komentar:

wulaan mengatakan...

waw kebon raya bogor!
maskot bogor :)
aduu jembatan gantung yang disana juga okei.hha serem gue. tinggi aa.

Erha Andika mengatakan...

credit to irma for the best writing and photos here :)

Unknown mengatakan...

bah .berlebihan pa dika .
wkwkwkwk =9

rie ramboe mengatakan...

hmmmm...
pgn bgt ke KRB lg...

dah lma jg c g ksana...
"kngen eUy!"