header-photo

Batagor KINGSLEY

Bandung.. selain menjadi the capital of west java, bandung juga terkenal sebagai gudangnya kuliner. hampir semua jajanan, mulai dari jajanan modern sampai jajanan tradisional bisa di cari di bandung. walaupun hanya bermodalkan tenda makan kali lima, tapi rasanyaaaa.. makanan hotel bintang lima, lewaaaaaaaat !!! aktifitas perjajanan di bandung g prnh mati. mulai dari pagi-malem sampai pagi lagi, kita bisa tetep nyari jajanan yang rasanya ajibunalim. mulai dari brownis, molen, tela-tela, mie yamien, aci di colok (baca; Ciloks), peuyeum, surabi ARAB (Apresiasi RemajA Bandung), bakso, bubur, dan yang paling terkenal di bandung adalah Batagor.

Bagi yang belom tau batagor, Batagor alias bakso tahu goreng adalah tahu yang diisi dengan campuran aci (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri. biasanya, batagor selalu ditemani oleh Siomay yang juga terbuat dari campuran aci (tepung tapioka) dan daging ikan tengiri tapi dibungkus dengan kulit pangsit. banyaak banget macam-macam batagor yang dijual di bandung. mulai dari abang-abang gerobak, yang di pikul, yang didorong-dorong, sampai yang berupa restoran. Selain Batagor Riri, Batagor Abuy, Batagor Ria Sari, Batagor Elizabeth, ada satu tempat yang ga kalah enaknya dengan batagor-batagor tersebut. yaitu Batagor Kingsley.


Batagor Kingsley ini sudah berdiri selama 28 tahun dengan seorang pemilik bernama Bapak Benny. ia merubah rumah menjadi tempat makan yang setiap harinya selalu di penuhi oleh pelancong dari berbagai kota hanya untuk memanjakan lidah dengan lembutnya Batagor dengan hot nya sambal kacang. oleh karena itu, sebaiknya jika mau mencicipi kenikmatan batagor ini, sebaiknya pesen tempat terlebih dahulu. Batagor ini sudah sangat terkenal dan melanglang buana hingga ke negara Amerika, Singapur, dan Australia karena rasanyaa yang WAAAH banget. menu favorit di sana antara lain Batagor + siomay goreng, batagor kuah, mie ayam kingsley.






Untuk mencicipi batagor + siomay ini, kita harus mengeluarkan uang 6000 rupiah per potong. biasanya 1 porsi terdiri dari 3 potong. meskipun harganya relatif mahal, tapi cocok lah karena rasanya yang enak banget. Untuk seporsi batagor kuah, kita harus merogoh kocek sebesar 16.000 per porsi. untuk semangkuk es sekoteng, kita perlu mngeluarkan uang sebesar 8000 rupiah. tapi, es sekoteng ini bukan disediakan oleh rumah makan ini, melainkan dari abang-abang penjual es sekoteng yang sudah sangat terkenal di bandung karena segarrnya yang dapat mendinginkan suasana hati karena teriknya cuaca di bandung (Lho ???!). es itu bernama ES OYENN yang berada di depan rumah makan ini. selain itu juga ada es duren yang bauunya sangat mengugah selera dengan harga 5000 rupiah.

disana juga disediakan meja panjang yang menjual aneka kripik khas bandung, serta kita bisa mendengarkan alunan suara merdu dari pengamen-pengamen yang bukan sekedar pengamen. lagu-lagu yang mereka dendangkan pun merupakan lagu-lagu lama (baca: jadul), yang membawa kita kembali ke masa tahun 70'an. selain itu, mereka juga menerima request.an lagu lohh ;)

pokonya, jika pergi ke bandung, jangan lupa sempatkan diri anda mampir ke Batagor Kingsley di Jl. Veteran No. 25, Bandung. untuk pemesanan tempat dan pemesanan makanan, hubungi 022 - 4207104, 70620392, waktu usaha: 09.00 - 20.30 (tutup hari Kamis)


Food : B+
Service : C
Place : C+

pustaka :


0 komentar: